Ikatan Notaris Indonesia Mulai Himpun Data-Data Notaris se-Indonesia

Ikatan Notaris Indonesia Mulai Himpun Data-Data Notaris se-Indonesia
Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) mulai menghimpun database notaris se- Indonesia. Sekretaris Umum PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah mengatakan bahwa data-data notaris yang hadir pada Rapat Pleno Pengurus Pusat yang Diperluas pada 12-14 Januari 2017 di Balikpapan, Kalimantan Timur, kemarin mulai direkam oleh PP INI.
 
“Bagi para pendaftar yang sudah mendaftar ke acara kemarin, data-datanya sudah ada. untuk next time ada acara lagi, mereka hanya tinggal daftar aja tanpa perlu SK segala macam,” kata Firdaus saat dihubungi Hukumonline, Senin (16/1).
 
Dari Rapat Pleno Pengurus Pusat yang Diperluas kemarin, setidaknya sudah terekam sekitar 1.200 data notaris. Jumlah itu tentu belum sebanding dengan perkiraan total jumlah notaris di seluruh Indonesia yang kabarnya mencapai belasan ribu notaris. Dalam kesempatan wawancara sebelumnya, Firdaus sempat menyebutkan bahwa ada 17.000-an notaris yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. (Baca Juga: Siap-Siap, Akhir Februari Akan Digelar Ujian Kode Etik Notaris Tahun 2017)
 
Dalam acara pelantikan pengurus PP INI periode 2016-2019 pertengahan Juni 2016 lalu, Ketua Umum PP INI, Yualita Widyadhari sempat menyebutkan bahwa tantangan yang dihadapi organisasi tak hanya soal kesenjangan kualitas antara notaris di kota besar dengan notaris di daerah. Tantangan besar yang dihadapi PP INI, kata Lita, adalah pertumbuhan notaris yang mencapai 1.000-1.500 per tahun yang dihasilan oleh lebih dari 30 perguruan tinggi yang membuka program magister kenotariatan (M.Kn). (Baca Juga: Jajaran Pengurus PP INI Dilantik, Ada Dewan Baru yang Dibentuk)
 
“Kita launching kartu anggota kemarin, sudah pengumpulan data,” sambung Firdaus.
 
Firdaus mengatakan bahwa dalam Rapat Pleno Pengurus Pusat yang Diperluas kemarin, sudah ada sebagian anggota maupun Pengurus Wilayah (Pengwil) yang menerima kartu tanda anggota (KTA). Selain sebagai tanda bukti anggota PP INI, KTA tersebut juga terintegrasi dengan sejumlah metode pembayaran yang menunjang pekerjaan notaris sehari-sehari.
 
KTA yang juga dapat berfungsi sebagai kartu debit ini akan tercetak juga logo PP INI. Peluncuran kartu debit ini menyusul sejumlah kemudahan lain sejak BNI dan INI menjalin kerja sama di 2015, melalui program yang dinamai BNI Sahabat Notaris. BNI pun menempatkan mesin EDC BNI di kantor notaris untuk memudahkan tiap transaksi.